Jelajah
IMG-LOGO

DEKLARASI RANGER

Create By 13 December 2018 6 Views

Relawan Desa Pagersari Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang, yang diketuai oleh Mbahmuhepapo secara resmi dikukuhkan pada 8 Desember 2018 di Gor Desa Pagersari. Acara tersebut dihadiri oleh Kapolsek, Koramil,  Camat Mungkid dan tokoh masyarakat, juga komunitas relawan Kabupaten Magelang, diantaranya: Linang Sayang Communication, Tagar, Tagana, Blondo Rescue, Baguna Kabupaten Magelang, Guruh Merapi, Relawan Banser Bojong Bersatu (RBTI), Banser Bagana, GP. Ansor Kecamatan Mungkid dan Bumirejo Rescue. Sebanyak 44 relawan dilantik yang merupakan perwakilan dari 6 Dusun di Desa Pagersari, yakni Tanggulangin, Jetis, Pongangan, Kamal, Tapen, Kranggawang.

Para Ranger yang telah dilantik merupakan orang-orang yang mempunyai jiwa soSial tiggi untuk senantiasa membantu masyarakat kapan pun dan dimana pun. Bantuan yang diberikan bukan hanya ketika ada musibah, namun segala macam kegiatan bisa mendapat bantuan dari para RANGER. Masyarakat Desa Pagersari yang belum bergabung masih bisa bergabung dengan cara menghubungi ketua (Komandan Ranger) atau dengan mengunjungi Posko Induk Ranger yang berlokasi di Tapen.

Dalam sambutannya Sri Mulyanto selaku Kepala Desa Pagersari menuturkan siap memberikan komitmen di tahun 2019 akan memberikan anggaran kepada relawan dalam kesiapsiagaan penanggulangan bencana. Termasuk juga memfasilitasi penyediaan sarpras dalam pembentukan oraganisasi Ranger.

Drs Sukamtono selaku Camat Mungkid memberikan apresiasi setingi-tingginya untuk relawan. Ia menyebut hanya orang-orang berjiwa sosial besar yang mau menjadi relawan. Karena relawan selalu hadir untuk membantu. Pemerintah sangat berterima kasih kepada relawan karena telah membantu program-program pemerintah, contohnya dalam keamanan dan ketertiban. Ia juga siap untuk bergabung menjadi anggota Ranger dan meminta untuk masuk dalam grup whatsApp Ranger.

Kapolsek mungkid juga menyambut dengan adanya Ranger yang membatu tugas kepolisian dan siap bekerjasama, bahkan beberapa saat lalu terjadinya kecelakaan di wilayah Pagersari, Ranger ikut serta megatur lalu lintas supaya tidak terjadi kemacetan. Diharapkan Ranger selalu bersinergi dengan BABINKAMTIBMAS.

Bapak Gunawan yang hadir mewakili BPBD telah menyambut baik pembentukan Relawan Pagersari. Ia menyatakan bahwa SK Pembentukan Ranger diterima BPBD dan akan dimasukkan ke dalam data base. Ia memaparkan bahwa jumlah relawan Kabupaten Magelang hingga kini sebanyak kurang lebih 4.100 relawan. Ke depannya perwakilan Ranger diikutsertakan dalam pelatihan yang diadakan BPBD. BPBD juga juga siap memberi dukunga materi saat Ranger mengadakan pelatihan, dan akan memberikan bantuan guna peningkatan kapasitas Ranger.

Mbahmuhepapo selaku Komandan Ranger, dalam sambutannya ia mengucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah menyukseskan acara pengukuhan dan memberikan dukungan moril maupun materiil kepada Ranger. Ia berpesan kepada para anggota Ranger untuk senantiasa selalu menjaga solidaritas dan tetap semangat untuk mengmban tugas.ia menyatakan bahwa Ranger selalu terbuka untuk seluruh warga Desa Pagersari dan akan segera mengadakan Diklat untuk anggota Ranger.

Dalam perjalannya, Ranger telah melakukan beberapa kegiatan social, seperti mengatur lalu lintas di dalam setiap kegiatan masyarakat maupun bencana, seperti penggalagan bantuan untuk Palu waktu itu yang telah bekerja sama dengan seluruh relawan Kabupaten Magelang./ep/