Jelajah
IMG-LOGO

SENAM IBU HAMIL

Create By 17 June 2019 7 Views

Senam bagi Ibu Hamil adalah Salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PKD Desa Pagersari dan diFasilitasi Bidan Desa Ibu Tri Wulandari dan Petugas dari Puskesmas Kec. Mungkid. 

Senam hamil adalah rangkaian gerakan senam yang diperuntukkan bagi ibu hamil. Gerakan senam hamil umumnya aman dan ringan, sehingga dapat dilakukan di berbagai usia kehamilan. Tujuan utama senam hamil adalah membantu ibu hamil dalam mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan.

Berolahraga atau menjalani aktivitas fisik secara teratur selama kehamilan merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Selain menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, olahraga juga membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan perubahan bentuk tubuh dan berat badan. Berbagai jenis olahraga ringan dapat dilakukan selama masa kehamilan, antara lain berjalan, berenang. 

Salah satu jenis olahraga lain yang dapat dilakukan selama masa kehamilan adalah senam hamil. Setiap gerakan dalam senam hamil umumnya mudah dilakukan, dan jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh dalam menghadapi persalinan. Selain itu, senam hamil juga memiliki manfaat lain, yaitu:

  • Mengurangi nyeri punggung.
  • Mencegah konstipasi.
  • Menurunkan risiko diabetes, preeklamsia, dan perlunya operasi caesar.
  • Menjaga berat badan ideal selama kehamilan.
  • Memperkuat jantung dan pembuluh darah.
  • Melatih pernapasan hidung, perut, dan dada.
  • Melatih posisi melahirkan yang baik.

Secara psikologis, senam hamil juga bermanfaat untuk mengurangi stres dan menenangkan pikiran, sehingga ibu hamil dapat lebih tenang ketika menghadapi proses persalinan.

Sebelum kegiatan dimulai diberikan penyuluhan kesehatan oleh Petugas dari Puskesmas  Kecamatan Mungkid 

diharapkan dengan kegiatan ini Ibu dan bayi sehat dan lancar dalam proses persalinan. (ep)