Jelajah
IMG-LOGO

LOMBA OPTIMALISASI PENGELOLAAN SAMPAH OLEH MASYARAKAT

Create By 31 March 2021 25 Views

Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3 R) Desa Pagersari yang dikelola Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sumber Rejeki Karanggawang mengikuti lomba Optimalisasi Pengelolaan Sampah Oleh Masyarakat yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang.

Penilaian kegiatan TPS 3R Sumber Rejeki Karanggawang Pagersari dilakukan oleh Tim Juri dari Dinas Lingkungan Hidup pada HAri Jumat Tanggal 19 Maret 2021. Lomba ini lebih ditujukan untuk meningkatkan kembali gairah pengelolaan sampah oleh masyarakat di wilayah Kabupaten Magelang. Seperti kita ketahui Kabupaten Magelang sudah mulai mendekati status darurat sampah, dimana volume sampah yang masuk ke TPA Kabupaten sudah mencapai 9 ton.

Diharapkan masyarakat  melalui TPS 3 R dan Bank sampah bisa mengelola sampah dari sumbernya sehingga mengurangi beban sampah yang ada di TPA, tema lomba 'Menggairahkan dan Mengefektifkan Pengelolaan Sampah' sebagai upaya mengendalikan sampah karena selama tahun 2020 pengelolaan sampah mengalami stagnan atau berhenti. Ini menjadi kekhawatiran, maka perlu ada perangsang agar masyarakat tetap bergairah mengelola sampah.

Ketua KSM Sumber Rejeki Karanggawang, Ibu Siti Walhidayah menuturkan bahwa memang pengelolaan sampah di TPS 3R mengalami berbagai macam kendala, harapannya dengan lomba ini bisa kembali meningkatkan semangat pengelola untuk terus membantu pemerintah dalam hal penanganan sampah. Juara bukan tujuan utama yang penting ikut berpartisipasi, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Bapak Plt. Camat Mungkid, R. Anta Murpuji Antaka, S.Sos, Kepala Desa Pagersari Sri Mulyanto, Babinsa Desa Pagesari Serda Muji Mustaqim Sebagai Perwakilan Koramil Mungkid, Segenap Pengurus KSM, Perangkat Desa Pagersari dan Anggota BPD Pagersari. 

(ep)