Jelajah
IMG-LOGO

SAFARI WAYANG DI DESA PAGERSARI

Create By 07 December 2017 9 Views

 

Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar safari pementasan wayang kulit secara bergiliran di 21 kecamatan sebagai salah satu upaya melestarikan warisan budaya bangsa. Pagelaran ke tiga dilaksanakan di Desa Pagersari Kecamatan Mungkid. Dalam acara tersebut dihadiri  oleh Bupati Magelang, Camat Mungkid, Kepala Dinas dan UPT di Wilayah Mungkid. Pentas Wayang dengan lakon Wahyu Makuto Romo oleh Dalang Nyi Juwariyah dari Pakis.

Dalam sambutan panitia yang diwakili Camat Mungkid, Drs Sukamtono menyampaikan dukungan dan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Pagersari dan Jajarannya yang telah menyiapkan tempat dan segala kebutuhan pelaksanaan pementasan safari budaya ini. 

"Ini dalam rangka `nguri-uri kabudayan Jawi` (melestarikan kebudayaan Jawa, red.), melalui pementasan Wayang di berbagai wilayah, sebagai salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya adiluhung dari nenek moyang kita," kata Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam sambutan sebelum acara pementasan wayang dilaksanakan.
Dalam kesempatan tersebut, beliau mengatakan setiap kali pergelaran menghadirkan dalang wayang dari daerah setempat yang juga anggota Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Magelang.

Ia juga mengatakan bahwa pertunjukan seni dan budaya bukan hanya sebagai tontonan, namun juga tuntunan masyarakat karena menyimpan filosofi tentang kehidupan yang mendalam serta berfungsi sebagai pencerah akal budi.
"Itulah yang mengantarkan bangsa kita ini menjadi bangsa yang berperilaku dan berbudaya luhur," katanya.

Zaenal mengatakan bahwa wayang juga menjadi media untuk menyampaikan berbagai pesan penting, antara lain menyangkut moral bangsa, program-program pembangunan, dan memotivasi masyarakat untuk berperan aktif dalam pembangunan.(ep)