Jelajah
IMG-LOGO

Demplot Padi Ramah Lingkungan

Create By 05 November 2018 6 Views

Gapoktan Gemah ripah Desa Pagersari melakukan panen bersama demplot penanaman padi ramah lingkungan diwilayah desa Pagersari pada hari Senin 22 Oktober 2018. Penanaman padi menggunakan sistem tanan Jarwo (jajar legowo).

Bapak Muhsin Rosidi pengurus Kelompok Tani Cahyo Mudo dusun Pagerjurang yang merupakan anggota Gapoktan Gemah Ripah Desa Pagersari menjelaskan luas demplot yang dilaksanakan tahun ini seluas 1,1 hektar yang tersebar di beberapa dusun di Desa Pagersari.

Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan demplot padi ramah lingkungan ini menggunakan pupuk cair organik dan bertujuan mengurangi jumlah pemakaian pupuk kimia. Diharapkan perlahan kalau terus dilaksanakan pemakaian pupuk kimia secara bertahap akan dikurangi persentasenya. Tujuannya agar kualitas tanah sawah perlahan akan kembali membaik.

Demplot padi tahun 2018 ini mendapat pendampingan dari Bapak Tugimin, Penyuluh Pertanian dari BPP Kecamatan Mungkid dan pihak Swasta yang membantu pengadaan Pupuk Cair organik tersebut. 

Berdasarkan hasil panen bersama ini ada peningkatan produksi dibanding waktu penanaman dengan sistem biasa yang murni menggunakan pupuk kimia. dari 1000 meter persegi lahan menghasilkan 800 kg gabah kering panen. (ep)