Jelajah
IMG-LOGO

Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan KWT Bougenvile Pongangan

Create By 16 July 2019 11 Views

Kelompok Wanita Tani (KWT)Bougenvile Dusun Pongangan Desa Pagersari mewakili Desa Pagersari Kecamatan Mungkid mengikuti Lomba Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan yang diselenggarakan Dinas Pertanian Kabupaten Magelang.

Pelaksanaan Penjurian dilaksanakan Hari Selasa Tanggal 16 Juli 2019, dihadiri Tim Juri dari Dinas Pertanian, Camat Mungkid, Danramil Mungkid, Babinsa Polsek Mungkid, Kepala Desa Pagersari, PKK Desa Pagersari dan masyarakat.

Ibu Suci Rahayuning Prihatin, ketua KWT Bougenvile Dusun Pongangan menyampaikan bahwa KWT Bougenvile merasa tersanjung bisa mengikuti lomba Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan, karena KWT Bougenvile secara resmi baru berdiri Tahun 2015 dengan Kelompok Dawis Bougenvile sebagai embrionya. Sejak awal didiriikan menggunakan dana swadaya dari Ibu Ibu Dasa Wisma. Dalam perkembangannya setelah melakukan kunjungan study banding ke Wonosobo Ibu ibu Anggota KWT Bougenvile didukung masyarakat melaksanakan program pemanfaatan pekarangan dengan membeli polybag dan mulai menanam sayuran, tanaman obat dan tanaman bunga. Termasuk menanam dirumah kosong yang pemiliknya tinggal diluar kota. Kedepan akan ditambah lagi jumlah pot dan tanaman yang diharapkan Dusun Pongangan dan KWT Bougenvile bisa berkembang menjadi Desa Wisata.

Kepala Desa Pagersari, Sri Mulyanto dalam sambutannya menyampaikan sangat bangga dan mendukung kegiatan KWT Bougenvile Dusun Pongangan, Tahun ini telah dianggarkan untuk pelatihan pembuatan kompos dan pupuk organik oleh KWT Bougenvile dan telah dilaksanakan dengan baik. Sekilas Beliau menyampaikan bahwa setelah Pemdes Pagersari bersama PKK dan Kelembagaan Desa Pagersari telah Mengadakan Study Banding ke Selomerto Wonosobo, dan KWT Bougenvile juga melakukan Study banding sendiri dengan dana swadaya, hingga saat ini baru KWT Bougenvile yang berhasil melakukan Kegiatan Pemanfaatan Pekarangan dengan baik, menjadi pelopor di Desa Pagersari dan semoga Dusun Yang lain bisa mengikuti langkah maju dan inovatif dari KWT Bougenvile ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan peninjauan ke lapangan oleh Tim Juri dari Dinas Pertanian Kab. Magelang. (ep)