Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

Festival Jarwo

Create By 30 October 2018 6 Views
IMG

Kelompok Tani Gemah Ripah Desa Pagersari berpartisipasi dalam kegiatan Festival dan Sarasehan Jajar Legowo, di Desa Ngrapah, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang pada hari Senin 22 Oktober 2018.

Pengurus Gapoktan, Muhsin  Rosidi menerangkan bahwa Gapoktan Desa Pagersari Kecamatan Mungkid mengirimkan 1 (satu) tim yang terdiri 8 (delapan) orang perempuan yang telah terbiasa menanam dengan sistem tanam jajar legowo. Seluruhnya dari Dusun Pagerjurang dan tujuan kami untuk memberikan apresiasi kepada perempuan, ibu-bu yang sehari hari sebagai buruh tanam padi. 

Dalam Kegiatan yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo tersebut seluruh tim yang berjumlah 40 tim dari berbagai wilayah di Jawa Tengah harus menanam dengan luasan 2.000 meter persegi. Kekompakan Kerapian dan kecepatan mempengaruhi penilaian oleh Panitia.

Ketua Gapoktan Gemah Ripah Desa Pagersari Ahmadi mengungkapkan bahwa Sistem Tanam Jajar Legowo ini merupakan sistem tanam yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah dengan tujuan meningkatkan produktivitas petani, sangat cocok untuk tanam padi organik. sehingga petani dapat menghasilkan beras kualitas premium dan tentu saja meningkatkan penghasilan petani.(ep)